Strategi Bisnis

Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang strategi bisnis , ada banyak macam strategi bisnis , diantaranya yang di jelaskan oleh Michael E. Porter , ada banyak macam strategi bisni dan Michael E. Porter merangkumnya jadi tiga jenis umum yang memberikan awal yang bagus untuk pemikiran strategis : keunggulan biaya secara keseluruhan, diferensiasi dan fokus.


1. Strategi keunggulan biaya secara keseluruhan merupakan strategi yang membuat unit bisni bekerja keras mencapai biaya produksi dan distribusi terendah sehingga harganya dapat lebih rendah dari pada pesaing dan mendapat pangsa pasar yg besar. Perusahaan dengan strategi ini harus tampil dalam rekayasa, pembelian, produksi maupun distribusi. Kuncinya adalah perusahaan harus mencapai biaya yang paling rendah di banding pesaing yang menggunakan strategi fokus dan pembedaan yang serupa. Mcdonald di inggris menggunakan strategi keunggulan biaya secara keseluruhan. Iklan televisi burger dari Mcdonald dibuka dengan menampilkan burger dan pojok kanan bawah logo Mcdonald, dilanjutkan dengan kesaksian dari hansen yang menyatakan bahwa harganya benar – benar murah , lalu di tutup dengan burger disertai harga 99p.


2. Strategi diferensiasi merupakan strategi unit bisnis yang berkonsentrasi untuk mencapai kinerja terbaik dalam memberikan manfaat bagi pelanggan yang dinilai penting oleh sebagian besar pasar. Unit bisnis dapat menjadi yg terbaik dalam pelayanan, kualitas, gaya, teknologi, dan lain-lain, namun tidak mungkin untuk menjadi yg terbaik dalam segala hal. Perusahaan pembina kekuatan – kekuatan yang memberikan keunggulan kompetitif dalam satu atau lebih manfaat. Jadi perusahaan ingin memimpin dalam kualitas. Strategi ini dijalankan oleh canon dalam industri mesin fotokopi. Diferensiasi menonjolkan perbedaan yg mencolok atas mereknya dengan merek pesaing tidak secara superior. Diferensiasi terdiri dari diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi personal, diferensiasi saluran dan diferensiasi citra. Diferen-siasi produk terdiri dari bentuk, pernik – pernik, kualitas, kehandalan, mudah diperbaiki gaya dan rancangan.


3. Strategi fokus merupakan strategi unit bisnis yang memfokuskan diri pada suatu atau lebih segmen pasar yang sempit daripada mengejar pasar yang lebih besar. Perusahaan memahami kebutuhan segmen sasaran. Amstrong Rubber memfokuskan diri dalam membuat tandingan dengan kualitas terbaik bagi mesin pertanian atau kendaraan rekreasi serta terus mencari celah pasar untuk mereka layani

Sumber : Strategic Management : Global Most Admired Companies M. Suyanto

Next PostNewer Post Home

0 comments:

Post a Comment