Strategi Bisnis
Dalam postingan kali ini saya
akan membahas tentang strategi bisnis , ada banyak macam strategi bisnis ,
diantaranya yang di jelaskan oleh Michael E. Porter , ada banyak macam strategi
bisni dan Michael E. Porter merangkumnya jadi tiga jenis umum yang memberikan
awal yang bagus untuk pemikiran strategis : keunggulan biaya secara
keseluruhan, diferensiasi dan fokus.
1. Strategi
keunggulan biaya secara keseluruhan merupakan strategi yang membuat unit bisni
bekerja keras mencapai biaya produksi dan distribusi terendah sehingga harganya
dapat lebih rendah dari pada pesaing dan mendapat pangsa pasar yg besar.
Perusahaan dengan strategi ini harus tampil dalam rekayasa, pembelian, produksi
maupun distribusi. Kuncinya adalah perusahaan harus mencapai biaya yang paling
rendah di banding pesaing yang menggunakan strategi fokus dan pembedaan yang
serupa. Mcdonald di inggris menggunakan strategi keunggulan biaya secara
keseluruhan. Iklan televisi burger dari Mcdonald dibuka dengan menampilkan burger
dan pojok kanan bawah logo Mcdonald, dilanjutkan dengan kesaksian dari hansen
yang menyatakan bahwa harganya benar – benar murah , lalu di tutup dengan
burger disertai harga 99p.
2. Strategi
diferensiasi merupakan strategi unit bisnis yang berkonsentrasi untuk mencapai
kinerja terbaik dalam memberikan manfaat bagi pelanggan yang dinilai penting
oleh sebagian besar pasar. Unit bisnis dapat menjadi yg terbaik dalam
pelayanan, kualitas, gaya, teknologi, dan lain-lain, namun tidak mungkin untuk
menjadi yg terbaik dalam segala hal. Perusahaan pembina kekuatan – kekuatan
yang memberikan keunggulan kompetitif dalam satu atau lebih manfaat. Jadi
perusahaan ingin memimpin dalam kualitas. Strategi ini dijalankan oleh canon
dalam industri mesin fotokopi. Diferensiasi menonjolkan perbedaan yg mencolok
atas mereknya dengan merek pesaing tidak
secara superior. Diferensiasi terdiri dari diferensiasi produk, diferensiasi
pelayanan, diferensiasi personal, diferensiasi saluran dan diferensiasi citra.
Diferen-siasi produk terdiri dari bentuk, pernik – pernik, kualitas,
kehandalan, mudah diperbaiki gaya dan rancangan.
3. Strategi
fokus merupakan strategi unit bisnis yang memfokuskan diri pada suatu atau
lebih segmen pasar yang sempit daripada mengejar pasar yang lebih besar.
Perusahaan memahami kebutuhan segmen sasaran. Amstrong Rubber memfokuskan diri
dalam membuat tandingan dengan kualitas terbaik bagi mesin pertanian atau
kendaraan rekreasi serta terus mencari celah pasar untuk mereka layani
Sumber : Strategic Management : Global Most Admired Companies M. Suyanto
0 comments:
Post a Comment